Workshop adalah: Pengertian, Manfaat dan 3 Jenis

  • Whatsapp

Apakah kamu pernah mengikuti workshop sebelumnya? Mengikuti workshop dapat memperkenalkan ide baru, memberikan inspirasi agar bisa dieksplorasi sendiri, atau dapat mengilustrasikan dan menunjukkan praktik proses yang sebenarnya. Workshop adalah cara yang bagus untuk mengajarkan suatu keterampilan secara langsung karena memberikan kesempatan untuk mencoba hal baru dan gagal di lingkungan yang aman. 

Nah, jika kamu tertarik untuk mengetahui lebih tentang workshop, simak penjelasan selengkapnya mulai dari pengertian, manfaat, jenis, ciri-ciri, kelebihan, kekurangan, hingga perbedaan workshop dengan training di bawah ini.

Workshop mirip dengan seminar namun umumnya jauh lebih kecil daripada konferensi. Workshop biasanya dapat menjadi elemen dari struktur konferensi dan cenderung interaktif, mendidik, dan terdapat percakapan di dalamnya. Workshop ini bermanfaat untuk memberikan kesempatan kepada sekelompok orang untuk mendalami suatu ilmu atau pelajaran tertentu. Di dalam workshop biasanya juga terdapat diskusi sehingga menjadi salah satu cara yang menyenangkan untuk bertukar pikiran dan mempelajari pendapat orang lain.

Manfaat Workshop

Beberapa pengalaman berharga dapat kamu miliki ketika menghadiri workshop. Selain mempelajari hal-hal baru, dengan menghadiri workshop, kamu juga bisa membangun hubungan baru dengan orang lain, menjalin hubungan dengan orang-orang yang berpikiran sama, dan bahkan mengenal klien dan vendor secara lebih personal.

Selain itu, manfaat lain dari workshop adalah kamu bisa memperoleh perspektif baru yang unik dan belum pernah sama sekali terbayangkan di pikiran kamu sebelumnya. Untuk terus bertumbuh, kamu perlu terbuka terhadap ide-ide baru, cara-cara baru dalam melakukan sesuatu, dan cara berpikir yang baru. 

Manfaat selanjutnya dari workshop adalah memberikan kesempatan diri untuk mempelajari sesuatu yang baru dari orang-orang yang memiliki pengalaman dan pengetahuan yang lebih baik. Menghadiri workshop ini bisa membantu kamu agar terus terdepan dalam lingkungan yang kompetitif. Selain itu, dengan banyaknya skill baru yang terbentuk dari mengikuti workshop, maka juga akan meningkatkan kesempatan untuk kenaikan gaji atau jabatan yang lebih baik.

3 Jenis Workshop

Workshop sendiri bermacam-macam jenisnya, sehingga untuk lebih mempermudah memahaminya, jenis workshop dapat dibedakan menjadi 3, yaitu sebagai berikut:

  1. Workshop berdasarkan waktunya
    Workshop ini sendiri terbagi menjadi dua, yaitu beruntun dan berkala. Beruntun yaitu dilakukan secara berturut-turut, sedangkan berkala dilakukan dalam jangka waktu tertentu, bisa jadi mingguan atau bulanan.
     
  2. Workshop berdasarkan sifatnya
    Workshop berdasarkan sifatnya terbagi menjadi dua, yaitu mengikat dan tidak mengikat. Mengikat yaitu biasanya diselenggarakan oleh lembaga tertentu dan hasil dari workshop bersifat mengikat peserta yang mengikuti, sedangkan tidak mengikat adalah sebaliknya, apapun hasil dari workshop tidak wajib untuk diikuti.
     
  3. Workshop berdasarkan lembaga/organisasi
    Workshop berdasarkan lembaga atau organisasi ini merupakan workshop yang bergantung kepada penyelenggaranya. Biasanya pembahasan di dalam workshop ini juga terbatas dalam ruang lingkup tertentu dan membahas seputar permasalahan yang muncul dan bagaimana cara untuk memecahkan permasalahan tersebut.  

Ciri-ciri Kegiatan Workshop

Setelah memahami pengertian, manfaat, dan jenis-jenis workshop, berikutnya adalah ciri-ciri dari kegiatan workshop, antara lain yaitu:

  1. Diisi oleh beberapa ahli atau pakar dari bidang tertentu, sesuai dengan tema atau topik pembahasan yang diangkat dalam workshop.
  2. Tema atau topik pembahasan bersifat sempit atau sangat terfokus.
  3. Terdapat komunikasi dua arah yaitu antara pengisi atau pemateri dengan peserta atau anggota workshop.
  4. Metode dalam penyelesaian masalah biasanya melalui musyawarah atau penyelidikan dan peserta ikut serta di dalamnya sehingga tercipta diskusi bersama.