Wajib Dihindari, Ini Penyebab Asam Lambung Naik Pada Malam Hari

  • Whatsapp
Penyebab Asam Lambung Naik

Biasanya mereka yang memiliki riwayat penyakit asam lambung naik lebih banyak merasakan gangguan pada malam hari. Biasanya gejala asam lambung yang sedang naik biasanya akan menimbulkan berbagai macam gejala seperti mulut yang sangat pahit dan dada yang terasa seperti terbakar.

Selain itu, terkadang ada beberapa penderita asam lambung yang tengah naik akan muncul beberapa gejala lain seperti cairan asam lambung yang terasa naik menuju kerongkongan. Dan kondisi semacam ini jika tidak segera mendapat pengobatan yang tepat maka bisa menjadi pemicu kita tidak tidur semalaman karena tubuh yang sangat tidak nyaman karena terkadang juga dibarengi dengan rasa mual dan ingin muntah.

Jadi memang asam lambung yang sering kambuh pada malam hari bisa saja menjadi salah satu faktor pemicu tubuh tidak fit kondisinya karena kualitas tidur juga pasti akan terganggu. Ternyata memang ada berbagai macam alasan yang menjadikan kenapa asam lambung sering kambuh dan naik pada malam hari.

Jadi ada beberapa penelitian kesehatan yang menyebutkan jika asam lambung yang naik pada malam hari biasanya disebabkan karena posisi tidur yang tidak tepat. Dan bisa menjadi semakin parah jika pemilik riwayat penyakit tersebut sebelum tidur mengkonsumsi makanan dan minuman atau tindakan lainnya yang bisa memicu asam lambung naik.

Mungkin sampai sekarang masih banyak juga yang penasaran dengan kenapa asam lambung sering sekali kambuh dan naik di malam hari. Padahal awalnya kita baik-baik saja tetapi waktu tengah malam tiba, asam lambung tiba –tiba naik dan menyebabkan kita terbangun tidak bisa kembali tidur. Terkadang juga akan dibarengi dengan gejala lain yang akan sangat mengganggu kesehatan kita.

Seperti rasa mual yang cukup kuat dan disertai dengan muntah dengan kondisi mulut yang terasa sangat panas dan menyebabkan rasa yang cukup panas di dada. Supaya lebih jelas dan tidak bertanya-tanya berikut ini beberapa penyebab kenapa asam lambung naik pada malam hari:

  • Makan terlalu banyak dan rebahan

Jadi salah satu hal yang memicu naiknya asam lambung pada malam hari adalah porsi makan kita yang terlalu besar dan langsung kita gunakan rebahan setelah selesai makan. Padahal makan dengan porsi makan yang terlalu besar dan kebetulan kombinasi makanan dan minuman yang dikonsumsi adalah salah satu jenis makanan dan minuman yang bisa menjadi pemicu asam lambung bisa naik pada malam hari. Dan selain itu usahakan untuk tidak langsung rebahan jika sudah selesai makan karena ini adalah kombinasi yang paling sering menjadi penyebab kenapa asam lambung bisa naik pada malam hari.

  • Salah posisi tidur

Tidak hanya porsi makan saja yang bisa menjadi salah satu penyebab terbesar kenapa asam lambung bisa naik pada malam hari. Posisi tidur ternyata juga sangat berpengaruh pada naiknya asam lambung pada malam hari. Jadi sebelum tidur usahakan untuk pilih pakaian yang longgar, jangan langsung rebahan, berdiri dan duduk terlebih dahulu. Dan pilih posisi tidur telentang sehingga bisa lebih nyaman.

Di atas adalah beberapa hal yang bisa menjadi penyebab kenapa asam lambung naik pada malam hari. Penyakit asam lambung yang naik memang sebagian besar dialami oleh mereka yang masih berusia remaja karena memang dari pola dan gaya hidupnya yang tidak sehat inilah yang menjadi pemicu utamanya. Maka dari itu, sebelum asam lambung menyerang Anda, mula sekarang jaga pola makan dan pola tidur.

Referensi:

Torrance Memorial Physician Network. Diakses pada 2020. Ulcer and Gastritis

Halodoc. Diakses pada 2021. Ini Bedanya Sakit Maag dengan Tukak Lambung

Promag. Diakses pada 2021. Gejala Sakit Maag Yang Harus Dikenali

Medical News Today. Diakses pada 2020. What are gastric and duodenal ulcers?

Related posts