Tips Belajar Bahasa Inggris dengan Cepat

  • Whatsapp
Tips Belajar Bahasa Inggris

Bagi sebagian orang, mempelajari bahasa Inggris merupakan hal yang cukup sulit. Padahal bahasa Inggris merupakan bahasa Internasional yang hampir setiap orang dituntut untuk mengerti atau menguasainya. Bahkan, sejak sekolah dasar, materi bahasa Inggris menjadi pelajaran wajib untuk diikuti.

Tips Cepat Belajar Bahasa Inggris

Belajar bahasa Inggris akan rumit apabila anda tidak memahami dasarnya. Maka dari itu, anda perlu memahami dasar-dasar bahasa Inggris dengan benar. Sehingga, anda menjadi lebih mudah dalam mempelajari berbagai ilmu dan aspek yang ada didalamnya. Beberapa tips cepat belajar Bahasa Inggris di bawah ini mungkin bisa anda terapkan, diantaranya :

  • Belajar kosakata

Anda dapat belajar kosakata bahasa Inggris dengan berbagai cara. Misalnya dengan menulis beberapa vocabulary (kosakata) pada catatan kecil dengan rutin maupun memakai flashcard. Walaupun terkesan membosankan, namun tips cepat belajar Bahasa Inggris menggunakan flashcard ini sudah terbukti efektif untuk menghafalkan kosakara sebab anda akan mengulangnya dengan terus menerus.

Flashcard merupakan sejenis kartu berisi kata-kata dengan kategori tertentu. Contohnya, flashcard tema warna, binatang maupun makanan. Anda tidak harus membelinya sebab anda bisa membuatnya sendiri di rumah dengan mudah. Bagi anda yang ingin memiliki flashcard menarik lengkap dengan gambar, maka anda bisa mendapatkannya di beberapa toko buku.

  • Membaca artikel atau berita berbahasa Inggris

Apakah anda suka membaca artikel atau berita? Nah, anda dapat memanfaatkan hobi anda ini dengan membaca bacaan bahasa Inggris. Biasakan untuk mencari artikel atau berita terkini yang disajikan dengan bahasa Inggris. Anda bisa mencari topik sesuai keinginan anda, mungkin bisa selebriti, tips kesehatan, atau yang lainnya.

Di sekolah sendiri, materi bacaan tentang bahasa Inggris juga sangat beragam. Anda bisa membiasakan diri untuk membaca materi dan mengetahui semua maknanya maka lama-kelamaan anda akan terbiasa untuk membaca bacaan dalam bahasa Inggris.

  • Mendengarkan musik dan menulis liriknya

Mendengarkan musik menjadi salah satu tips cepat belajar Bahasa Inggris yang sering diterapkan bahkan untuk anak kecil. Anda bisa memilih lagu bahasa Inggris favorit anda dan cobalah untuk mempelajari arti lirik lagu tersebut untuk memperluas vocabulary anda.

  • Memanfaatkan aplikasi

Sekarang ini, mungkin terdapat banyak masyarakat yang meninggalkan kamus fisik. Kehadiran teknologi yang semakin canggih menjadikan masyarakat beralih pada kamus online maupun aplikasi untuk belajar bahasa Inggris.

Saat ini memang sudah banyak aplikasi belajar bahasa Inggris yang bisa digunakan secara gratis. Misalnya seperti DuoLingo yang lumayan populer dipakai untuk mempelajari berbagai bahasa, baik bahasa Inggris, Indonesia, Spanyol dan Perancis.

Anda juga dapat mendownload aplikasi menulis gratis, misalnya Grammarly untuk memeriksa kosakata dan tata bahasa yang anda tulis.

  • Selalu menyiapkan kamus

Di era digital yang serba canggih ini, anda tidak perlu bersusah payah untuk membawa kamus tebal dimana pun. Anda juga memanfaatkan smarphone untuk menerjemahkan kata-kata bahasa Inggris yang anda temui sehari-hari. Kebiasaan ini dapat membantu kemampuan bahasa Inggris anda.

Tips cepat belajar Bahasa Inggris bisa anda lakukan dengan mendownload kamus Indonesia-Inggris atau Inggris-Indonesia yang bisa dibuka saat online maupun offline. Jadi, saat anda tidak memiliki koneksi internet sekalipun, anda masih bisa menggunakannya untuk mencari kosakata bahasa Inggris yang anda inginkan.

Nah, itulah beberapa tips cepat belajar Bahasa Inggris yang bisa anda terapkan dengan mudah. Dengan memahami dan mempelajari bahasa Inggris, anda dapat mengembangkan diri serta memperoleh karier yang lebih cemerlang nantinya.

Sumber: https://islamiques.net/

Related posts