by

Resume Kegiatan

Contoh resume – Jika kita bicara tentang tugas kuliah, tak lengkap rasanya bila kita tidak membahas resume. Resume sering kali menjadi bagian dari keseharian tugas untuk para mahasiswa terlebih untuk seorang mahasiswa baru. Sering kali saat ada orientasi kehidupan kampus atau lebih dikenal dengan ospek, para calon mahasiswa mendapatkan tugas untuk membuat resume. Nah, apa sebenarnya resume itu sendiri? Resume adalah sebuah hasil pemadatan sebuah karya tulis yang ditulis dengan mendetail, dan pola yang terstruktur berdasarkan karya aslinya. Tidak hanya sebuah karya tulis, uraian dari sebuah kegiatan, atau bahkan pidato tertentu juga dapat dituangkan dalam sebuah resume. Nah berikut ini adalah contoh resume kegiatan. Simak resume kegiatan berikut ini.

Resume Kegiatan

Dalam berbagai kegiatan khususnya yang berhubungan dengan pendidikan, membuat resume kegiatan sudah menjadi hal yang biasa. Hal ini dilakukan di akhir kegiatan guna menjadi bahan pertimbangan, pembelajaran, dan ingatan pada hal-hal penting yang sudah berlangsung selama berkegiatan. Selain itu ini juga mampu dijadikan sebuah patokan untuk evaluasi dari sebuah kegiatan yang telah berlangsung. Nah berikut di bawah ini adalah contoh resume kegiatan. Nah di bawah ini adalah contoh resume dari sebuah acara ospek atau orientasi kehidupan kampus (OKK).

Berkaitan dengan penerimaan calon mahasiswa baru, Universitas Negeri Jakarta menggelar kegiatan Orientasi Kehidupan Kampus (OKK) selama 5 hari. OKK tahun 2019 ini diselenggarakan dalam 2 paruh setiap harinya yaitu paruh pagi dari jam 7 hingga 11 siang, dan paruh kedua jam 2 hingga pukul 5 sore.  Setiap hari selama seminggu diisi dengan kegiatan yang berbeda dan tentunya berguna bagi calon mahasiswa baru untuk beradaptasi dengan cepat di kehidupan kampus yang baru.

Hari pertama, OKK dimulai dengan Upacara Penyambutan Mahasiswa Baru yang diisi dengan pidato rektor dan dilanjutkan dengan pengenalan semua jajaran fungsionaris di lingkungan universitas hingga jurusan. Pada paruh kedua yang dimulai pada pukul 2 siang, OKK dilanjutkan dengan Kuliah Umum dari Rektor terkait. Kuliah umum dari rektor ini bertemakan Mahasiswa untuk Bangsa Indonesia. Beliau mengharapkan bagaimana kita sebagai mahasiswa punya andil dalam berbagai hal-hal kebangsaan dan tentunya membantu perubahan ke arah lebih baik untuk semua rakyat Indonesia. Acara berlangsung hingga pukul 5 sore dengan diselingi diskusi serta penampilan spesial dari para pejabat rektorat.

Selanjutnya, pada hari kedua OKK dilanjutkan dengan pengenalan fungsionaris Mahasiswa dari tingkat BEM hingga Himpunan Jurusan. Acara disesuaikan dengan konteks fakultas dan jurusan mahasiswa sehingga pengenalan berjalan dengan sangat efektif. Pada paruh kedua, acara dilanjutkan dengan penampilan dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dengan berbagai penampilan kesenian dan kemahirannya.

Hari ketiga, kampus kedatangan Bapak Menteri Pendidikan dalam agenda kuliah umum. Kuliah umum Pak Menteri membahas tentang Peran Mahasiswa Indonesia untuk Dunia Internasional. Kuliah umum berlangsung dengan lancar dibarengi dengan sesi diskusi yang sangat seru. Paruh kedua dilanjutkan dengan acara Temu Kangen Senang-Senang dimana adalah merupakan acara setiap jurusan mereka melakukan pertemuan dengan senior di masing-masing jurusan. Acara ini sangat menyenangkan karena membuat calon mahasiswa lebih cepat bergaul dan beradaptasi dengan lingkungan barunya.

Hari keempat, OKK dilakukan dengan melakukan kegiatan sosial, masing-masing jurusan mendapatkan bagian yang sama untuk melakukan kegiatan gotong royong di daerah lingkungan sekitar kampus. Pada hari keempat dan kelima, OKK hanya berlangsung satu paruh..

Hari terakhir kemudian ditutup dengan Upacara Penyematan Mahasiswa Baru dipimpin langsung oleh Rektor bersangkutan yang kemudian diiringi dengan acara salam-salaman dengan fungsionaris universitas.

Sekian resume kegiatan OKK selama 5 hari di Universitas Negeri Jakarta.

Sumber: https://www.komentarmu.com/contoh-resume/

News Feed