by

Mainan Edukasi yang Cocok untuk Anak 4-6 Tahun

Ada banyak hal menyenangkan yang dapat anak ibu lakukan sebelum memulai pendidikan di sekolah dasar. Salah satunya adalah dengan memberinya mainan edukasi untuk menstimulasi perkembangan daya pikir anak. Anak ibu dapat belajar mengenal huruf, angka, bentuk, mengembangkan kemampuannya untuk berkonsentrasi, dan lainnya.

Jika saat ini ibu sedang mencari informasi tentang produk mainan edukasi yang cocok untuk anak berusia 4 hingga 6 tahun, maka berikut dibawah ini rekomendasi beberapa produknya yang terbaik diantaranya :

Mainan Edukasi Anak 4-6 Tahun

  1. Kartu Edukasi Puzzlo (Puzzle What Color)

Puzzlo adalah sebuah permainan berupa kartu edukasi berbentuk lingkaran dengan warna warni yang cantik. Produk mainan yang satu ini terbuat dari bahan karton ekstra tebal sehingga menjadikan mainan yang satu ini cukup tahan lama. Disediakan dalam 15 warna yang berbeda lengkap dengan berbagai kosakata dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris yang memungkinkan si kecil dapat terlatih daya ingatnya dan menambah kosakata baru. Jika ibu sedang mencari mainan edukasi untuk menambah perbendaharaan kata katanya sambil memperkenalkan warna, maka memilih produk mainan ini tindakan yang tepat.

  1. Nobie Toy (Balok Bangun Ekono)

Produk mainan edukasi berharga ekonomis ini terdiri dari 21 keping mainan kayu dengan ukuran kecil. Meski produk mainan ini ekonomis tetapi memiliki banyak fungsi untuk mengembangkan kreativitas dan imajinasi anak. Adanya 4 variasi ukuran yang bisa ibu pilih sesuai dengan usia si kecil. Produk mainan ini dapat dikategorikan dalam jenis open ended karena tidak memerlukan aturan khusus untuk memainkannya. Biarkan saja si kecil berkreasi dalam menyusun bentuk dan benda sesuai dengan imajinasinya. Produk mainan yang satu ini cocok dipilih saat ibu ingin si kecil semakin kreatif dan imajinatif dalam merancang bangun ruang.

  1. Mainan Edukasi Balance Shapes

Produk mainan yang terbuat dari bahan kayu pinus yang dioven ini diberi sentuhan akhir dengan varnish natural glossy sehingga menjadikannya terlihat semakin menarik. Tetapi tidak hanya itu saja, karena mainan ini juga aman aman untuk anak anak karena terbuat dari bahan bahan yang ramah lingkungan. Produk mainan dengan dimensi 15 x 9 x 15 cm ini dapat membantu anak untuk belajar mengenal warna, bentuk, dan bobot benda saat memainkan produk mainan yang satu ini. Produk mainan ini bisa menjadi pilihan tepat saat ibu ingin memperkenalkan konsep tentang keseimbangan pada si kecil.

  1. Drawing Board Funny Toys Studio Easel

Produk mainan edukasi dengan bentuk meja lipat multifungsi ini terdiri dari 66 buah keeping mainan. Meja ini memiliki papan yang dapat berfungsi sebagai papan gambar dan papan untuk belajar mengenal huruf dan angka. Jika ibu sedang mencari meja yang memiliki banyak fungsi sekaligus, maka produk mainan yang satu ini pilihan yang tepat. Produk mainan berupa papan gambar ini dilengkapi dengan 6 spidol warna dan juga penghapusnya. Sebagai papan belajar disediakan juga 20 keping angka dan 26 keping huruf yang dapat ditempel pada papan. Selain itu juga karena papan ini dapat dilipat sehingga dapat difungsikan sebagai meja belajar untuk belajar hal yang lainnya.

  1. My Family Doctor

Jika ibu ingin memperkenalkan profesi dokter sekaligus melatih kemampuan anak berkomunikasi, maka produk mainan yang satu ini patut diandalkan. Dalam produk mainan yang satu ini disediakannya 8 macam mainan alat kedokteraan yang dapat dipakai untuk bermain. Dengan menggunakan mainan ini, ibu bisa saja berperan sebagai pasien atau sebaliknya sehingga akan semakin terjalinnya kedekatan emosional ibu dan si kecil. Dalam satu set permainan ini adanya beberapa peralatan yang dapat menyala sehingga terkesan seperti alat kedokteran yang sebenarnya. Adanya Stetoskop didalamnya juga dapat digunakan untuk mendengarkan suara detak jantung. Kesemua mainan tersebut dimasukkan ke dalam sebuah tas lucu yang memang sudah tersedia dalam paket produk mainan ini.

  1. Mainan Edukasi Stiker Mosaik

Melalui produk mainan berupa stiker mosaik ini, si kecil akan belajar mengenal angka dan juga terlatih motorik halusnya pada saat sedang menempelkan stikernya. Disediakannya 12 macam gambar yang dapat dipilih, ibu bebas memilih gambar dengan tema yang paling disukai si kecil. Setelah itu anak harus membayangkan bentuk dan gambaran yang akan terbentuk dari setiap potongan mosaik yang tersedia supaya wujudnya bisa terbentuk dengan sempurna. Produk mainan yang satu ini memang menjadi pilihan tepat saat ibu ingin melatih imajinasi si kecil sekaligus kemampuan daya nalarnya sejak dini.

  1. Funny Gear Bricks

Produk mainan edukasi yang satu ini memiliki penampilan yang menarik berkat bricks berbagai warna dan bentuk, sehingga akan membuat anak semakin senang saat menyusunnya. Selain itu juga dengan menyusun produk mainan yang satu ini dapat meningkatkan koordinasi antara tangan dan penglihatan si kecil. Dalam paket produk mainan ini disediakannya 81 blocks yang dilengkapi dengan 3 gear yang berbeda beda ukurannya. Setelah ibu melengkapi produk mainan ini dengan baterai dan mengaktifkannya, produk tersebut dapat bergerak. Produk ini bisa menjadi pilihan yang tepat saat ibu sedang mencari mainan edukasi yang dapat menyita perhatian si kecil karena setelah selesai disusun dapat bergerak.

  1. Mainan Kayu Edukasi Kulintang Pelangi

Dengan menggunakan produk mainan yang satu ini, ibu dapat membantu melatih pendengaran si kecil akan tinggi rendahnya nada, mengenalkan warna warna, dan juga meningkatkan jiwa seni dalam diri anak. Produk mainan yang satu ini menjadi pilihan saat ibu ingin mengembangkan potensi si kecil dalam bidang seni dan musik. Bodi dan dua pemukulnya itu dibuat dari bahan kayu pinus yang awet dan tahan lama. Setiap kepingan kulintangnya memiliki nada yang berbeda beda. Kemungkinannya ibu akan dibuat terkejut saat mengetahui si kecil dapat berkreasi dengan nada nada yang dihasilkannya.

  1. Sweet Shop Luxury Candy Cart

Saat ibu ingin melatih jiwa kewirausahaan pada anak dengan cara yang asyik, maka produk mainan yang satu ini adalah pilihan yang tepat. Produk mainan dengan dimensi 33 x 20 x 38 cm ini sangat menyenangkan untuk dimainkan bersama teman ataupun ibu sebagai orang tuanya. Karena mainan dari bahan plastic ini memiliki roda sehingga bisa didorong kemana mana. Produk mainan ini terdiri dari 39 bagian yang bisa dirakit menjadi sebuah gerobak jualan. Dan yang lebih menariknya lagi adanya aneka es krim dan permen yang dapat menyala dan mengeluarkan melodi. Disediakan juga tombol power yang bisa dinyalakan dengan menggunakan baterai ukuran AA sebanyak 3 buah.

Dengan memberikan produk mainan edukasi pada anak berusia 4 hingga 6 tahun maka dapat membantuk supaya kecerdasan dan kemampuan anak berkembang lebih pesat. Ibu bisa memilih produk mainan yang dapat membantu mengembangkan kemampuannya untuk bekerjasama, logika berpikir, kemampuannya untuk mengenal ruang dan bentuk, serta imajinasi anak.

News Feed