Kandungan Vitamin yang Penting untuk Imun Tubuh

  • Whatsapp
Vitamin Imun Tubuh

Tahukah Anda bagaimana cara meningkatkan imun tubuh? Tubuh kita memerlukan vitamin. Namun, tidak bisa menghasilkan sendiri. Oleh sebab itu, kita perlu mengonsumsi berbagai makanan yang sehat. Tujuannya supaya dapat memenuhi berbagai asupan vitamin. Tak hanya dari makanan, kita juga bisa memenuhi asupan vitamin yang berasal dari suplemen. Ini akan membangu imun tubuh senantiasa dalam kondisi yang optimal. Vitamin apa saja, ya yang dibutuhkan?

  • Vitamin C

Manfaat dari vitamin C sangat baik untuk memperkuat sistem imun tubuh. Manfaat ini tentu sudah tak diragukan lagi. Vitamin C dapat membantu mencegah infeksi sekaligus mempercepat proses penyembuhan.

  • Vitamin B1 (Thiamine)

Selain dapat membantu tingkatkan sistem kekebalan dalam tubuh, kandungan vitamin B1 juga bisa menjaga fungsi jantung serta otak dalam kondisi yang sehat. Vitamin ini diperlukan sebanyak 1 miligram untuk pria. Sedangkan 0,8 miligram untuk wanita yang berada di rentang usia 19–64 tahun.

  • Vitamin B6 (Pyridoxine)

Vitamin B6 dapat membantu tubuh memproduksi antibodi serta sel darah putih. Keduanya ini berfungsi untuk meningkatkan ketahanan tubuh. Di samping itu, vitamin B6 pun dapat meningkatkan produksi sel darah merah serta daya ikat hemoglobin terhadap oksigen dalam darah. Penuhi asupan vitamin B6 sebanyak 1,4 miligram untuk pria serta 1,2 miligram untuk wanita setiap harinya.

  • Vitamin B9 (Asam Folat)

Tak hanya untuk membantu meningkatkan metabolisme DNA, tapi vitamin B9 pun dibutuhkan dalam proses peningkatan kekebalan tubuh. Memenuhi asupan vitamin B9 tiap harinya akan membantu kita dalam menjaga sistem kekebalan tubuh. Selain itu juga dapat meningkatkan simpanan energi. Orang dewasa memerlukan sebanyak 200 mikrogram setiap harinya supaya kebutuhan asam folat dapat terpenuhi.

  • Vitamin B12 (Cobalamin)

Vitamin jenis ini memiliki manfaat membantu pembentukan protein, sel darah, bahkan jaringan dalam tubuh. Di mana hal ini dapat mempengaruhi kondisi kekebalan tubuh. Untuk itu, penting memahami kebutuhan vitamin B12 yang dibutuhkan setiap harinya. Tujuannya agar Anda dapat memenuhi asupan vitamin ini secara tepat. Vitamin ini diperlukan sebanyak 1,5 mikrogram setiap hari.

Vitamin E merupakan salah satu jenis antioksidan. Vitamin ini memiliki peran yang amat penting untuk melindungi kelenjar timus. Vitamin ini juga berguna memperkuat sel darah putih yang dapat melawan infeksi.

Keberadaan vitamin E sangat penting untuk sistem kekebalan. Khususnya saat tubuh memperoleh serangan penyakit kronis yang disebabkan virus dan kerusakan sel tubuh karena radikal bebas.

  • Vitamin A

Vitamin A merupakan penangkal infeksi yang bisa diperoleh dari makanan hewani. Di antaranya ikan, daging serta produk susu maupun dari karotenoid tumbuhan. Tuna adalah makanan hewani kaya kandungan vitamin A.

  • Vitamin D

Dikenal sebagai vitamin yang diperoleh dari sinar matahari. Vitamin D merupakan salah satu nutrisi yang paling penting untuk mendukung imun tubuh.

Studi di laboratorium menunjukkan jika vitamin D berperan dalam memicu serta memperkuat sistem ketahanan tubuh. Vitamin ini juga membantu tubuh kita dalam melawan infeksi. Selain diperoleh dengan berjemur, memenuhi kebutuhan vitamin D juga dapat dilakukan dengan mengkonsumsi minyak ikan, sereal, telur, margarin dengan kandungan vitamin D, serta suplemen vitamin D.

Nah, itu tadi beberapa vitamin yang bermanfaat untuk meningkatkan imun tubuh. Agar lebih praktis, Ansa bisa mengkonsumsi Rhea Health Tone yang telah memiliki kandungan vitamin lengkap. Selain itu juga aman untuk dikonsumsi setiap hari.

Related posts