Jenis Batu Alam untuk Dinding Rumah Modern dan Minimalis, Pilih Sesuai Selera

  • Whatsapp

Penggunaan batu alam saat ini tengah populer dan sering dilirik oleh masyarakat untuk membantu mempercantik elemen bangunan. Tren ini berkembang seiring dengan pergeseran preferensi masyarakat yang menginginkan desain rumahnya nampak lebih dekat dengan alam namun tetap terlihat modern dan minimalis.

Batu alam biasanya digunakan sebagai ornamen dinding garasi, taman, teras, pilar, pelengkap ornamen dapur, hingga kamar mandi dan sebagai aksesoris landscape. Pemakaian batu alam ini bertujuan agar tampilan bangunan tidak kaku, passive, lebih ramah dan segar. Pemilihan jenis batu alam yang benar sebagai elemen bangunan dapat menyeimbangkan komposisi secara keseluruhan.

Dinding batu alam biasanya terbuat dari batu kali utuh atau pecahan batu cadas. Prinsip pemasangannya hampir sama dengan batu bata, di mana siar vertikal harus dipasang selang-seling. Batu alam merupakan semua bahan yang menyusun kerak bumi dan suatu agregat mineral-mineral yang telah mengeras akibat proses secara alami seperti, mengendap, membeku, pelapukan dan adanya proses kimia.

Terdapat beberapa jenis batu alam, misalnya batu candi dari Jogja, batu palimanan dari Cirebon, batu marmer dari Tulungagung, batu andesit dari Magelang, batu singaraja dari Bali, batu piring (lempeng) atau disebut dengan batu Jember, yang menjadi khas Kabupaten Jember. Jenis batuan alam itu diambil dan diolah sedemikian rupa untuk berbagai macam keperluan dan aktivitas, jenisnya sangatlah beragam. Nah, inilah macam macam batu alam yang harus kamu ketahui:

1. Batu Andesit

Jenis batu alam yang biasa digunakan untuk dekorasi dinding yang pertama adalah batu andesit. Batu andesit merupakan batuan beku berwarna abu-abu gelap sampai cokelat, terdiri dari tekstur porphyritic (tekstur kasar) dan tekstur aphanitic (tekstur halus), serta mempunyai struktur tertentu.

Jenis batu alam ini adalah yang paling populer digunakan dalam pembangunan rumah. Selain itu, batu andesit juga banyak digunakan untuk sektor konstruksi, terutama infrastruktur seperti sarana jalan raya, jembatan, gedung-gedung, irigasi, bantalan rel kereta api, dan lain-lain.

Pada sektor industri rumah tangga, batu andesit biasanya dimanfaatkan untuk kerajinan pahat, batu nisan kuburan, perkakas dapur, serta hiasan bangunan seperti air mancur dan batu tempel. Kegunaan batu andesit pada sektor industri rumah tangga yang cukup berkembang terletak pada Kota Temanggung, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

2. Batu Sabak

Jenis batu alam yang biasa digunakan untuk dekorasi dinding yang kedua adalah batu sabak. Batu sabak adalah jenis batu alam yang juga sering disebut dengan batu alam kali. Batu sabak dapat dibelah menjadi lempengan yang tipis, sehingga mudah ditempelkan sebagai pelapis dinding rumah atau bangunan apa saja. 

Batu sabak (slate) sendiri adalah batuan metamorf homogen berbutir halus yang berfoliasi dan berasal dari batuan asal berupa batuan sedimen bertipe menyerpih yang terdiri dari lempung atau abu vulkanik yang mengalami metamorfisme regional berderajat rendah. Batu ini adalah batuan metamorf foliasi yang berbutir paling halus.

Selain itu, keunggulan lain batu sabak adalah ia sangat kuat dan kokoh digunakan sebagai pondasi bangunan. Batu sabak biasanya juga dipakai untuk membuat dinding pagar, pinggiran kolam ikan minimalis, pilar, hingga penghias taman kering.

3. Batu Candi

Jenis batu alam yang biasa digunakan untuk dekorasi dinding yang ketiga adalah batu candi. Terdapat banyak jenis batu candi, namun yang paling disukai untuk bahan pembuatan dekorasi rumah adalah batu candi Borobudur Lava yang berwarna kegelapan.

Batu candi yang berwarna gelap memiliki densitas lebih besar dibandingkan batu candi yang berwarna cerah karena kandungan ferro magnesium-nya lebih tinggi. Selain itu batu candi yang berwarna gelap mampu menyerap panas lebih besar dibandingkan dengan batu candi yang berwarna cerah.

Penggunaan batu candi tak hanya memberi kesan alami dan etnik pada rumah, namun juga membantu memberikan nuansa dan hawa sejuk seperti yang dijelaskan di atas. Sehingga, batu candi sangat cocok digunakan sebagai batu dekorsi di bagian dalam ruangan.