Jangan Disepelekan, Ternyata Makanan Ini Bisa Jadi Penyebab Mencret

  • Whatsapp
Makanan Penyebab Mencret

Hai apa kabar dan selamat datang di artikel yang membahas mengenai makanan yang dapat menyebabkan mencret yang bisa saja terjadi kapanpun, dimanapun, dan oleh siapapun termasuk saya atau kamu, untuk mengetahui lebih lanjut baca sampai selesai.

Meskipun bukan penyakit yang serius, namun faktanya diare ini termasuk masalah kesehatan yang juga sangat mengganggu aktivitas. Dimana tentunya Kamu pasti akan merasa kurang nyaman jika seandainya harus buang air besar secara terus-menerus bukan.

Apalagi ketika sedang bekerja ataupun sekolah. Untuk itu harus segera ditangani secara tepat, agar nantinya gangguan pencernaan Kamu tidak bertambah fatal. Faktanya ada banyak sekali faktor menyebabkan mencret, diantaranya adalah berasal dari makanan yang Kamu konsumsi.

Memang konsumsi makanan yang kurang tepat sangat rentan menyebabkan gangguan pencernaan pada seseorang, untuk itu harus diwaspadai. Berikut ini diantaranya ada beberapa jenis makanan penyebab mencret, yaitu:

  1. Susu dan olahannya, susu ini memang kaya akan kandungan nutrisi didalamnya, namun ternyata tidak semua orang bisa mengkonsumsinya, hal ini dikarenakan kandungan laktosan dalam susu, beberapa orang mengalami intoleransi laktosa, sehingga ketika konsumsi susu akan membuat mereka menjadi diare. Sebagai solusinya jika ingin mengkonsumsi produk susu maka hindari susu sapi, atau pilihlah yang sudah tidak mengandung laktosan, biasanya ada beberapa produsen yang mengeluarkan produk tersebut. Sehingga nantinya akan lebih aman untuk digunakan.
  2. Makanan pedas, meskipun cita rasa pedas dalam makanan tersebut tampak begitu menggiurkan dan bisa membangkitkan nafsu makan. Hendaknya Kamu tetap membatasi asupan makanan pedas yang dikonsumsi, karena jika berlebihan juga kurang baik untuk kesehatan Kamu capcaisin yang terkandung dalam makanan pedas akan menyebabkan sensasi panas di lambung dan nyatanya bisa menyebabkan terjadinya iritasi atau peradangan pada lapisan dinding lambung. Hal ini pastinya berbahaya karena bisa menjadi faktor penyebab diare tersebut.
  3. Produk pengganti gula, sekarang ini ada banyak diantara produsen yang mengeluarkan produk pengganti gula, diantaranya adalah jenis pemanis buatan layaknya aspartam, sakarin sampai dengan sukralosa hingga alkohol gula. Faktanya bahan pengganti gula ini juga kurang aman untuk dikonsumsi, karena ia beresiko untuk menyebabkan diare, memiliki efek pencahar didalamnya.
  4. Kopi, banyak orang yang nyatanya menggemari minuman yang satu ini, selain memang jika dilihat dari segi rasanya nikmat, maka efek yang ditimbulkan juga bagus untuk tingkatkan stamina. Hanya saja juga patut diketahui bahwa konsumsi berlebih kurang bagus untuk pencernaan, apalagi kopi sendiri memang memiliki efek pencahar didalamnya yang akan membuat Kamu menjadi lebih sering buang air besar.
  5. Fruktosa, selain produk pengganti gula, maka fruktosa yang merupakan gula alami, biasanya ditemukan pada buah-buahan juga cukup rentan untuk menyebabkan efek samping layaknya diare. Umumnya fruktosa ini sendiri bisa dengan mudah ditemukan pada beberapa produk makanan seperti permen, minuman ringan sampai dengan makanan yang banyak mengandung bahan pengawet.
  6. Makanan cepat saji, memang bisa dikatakan sebagai solusi praktis ketika sedang lapar, hanya saja makanan semacam ini juga kurang bagus dikonsumsi terlalu sering. Makanan cepat saji seperti diantaranya adalah gorengan mengandung lemak jenuh serta lemak trans yang kurang bagus bagi kesehatan. Karena hal tersebut membuat tubuh jadi lebih sulit untuk memecahnya, sehingga beresiko menyebabkan diare.

Jadi mulai sekarang perhatikan asupan makanan yang Kamu konsumsi, karena ternyata hal tersebut juga bisa menjadi penyebab mencret. Mungkin bukan masalah kesehatan yang serius, namun nyatanya cukup mengganggu aktivitas bukan.

Tapi tenang sekarangkan sudah banyak obat yang bisa mengatasi hal tersebut misalnya saja seperti entrostop yang mampu mengurangi kadar BAB berlebih, apa lagi dengan kemasan yang simple dan kecil akan lebih mudah untuk di bawa kemana saja.

Entrostop juga menjadi salah satu solusi saya jika sedang mengalami mencret atau diare, selain yang sudah saya sebutkan diatas alasan yang membuat saya lebih memilih entrostop adalah karena sangat mudah di temui pada warung di dekat rumah.

Dan ada satu lagi tambahan dari saya yaitu mengenai website yang banyak memberikan informasi-informasi terkait dengan diare, dan website tersebut adalah Diarepedia, semoga informasi yang ada di atas berguna.

Related posts