Inilah Panduan Lengkap Membuat Report Text dalam Bahasa Inggris

  • Whatsapp
Report Text dalam Bahasa Inggris

Dalam membuat suatu laporan tentu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya report text. Tetapi bagi mereka yang belum atau tidak pernah menginjak dunia akademisi terkadang kurang paham apa itu report text. Membuat teks satu ini tentu tidak semua membuat teks lain dimana ada panduan khusus dan tata cara penulisannya.

Kesalahan dalam hal penulisan tentu bisa saja tidak lagi disebut report text tetapi disebut tulisan biasa. Proses pembuatan dari report text yang berbahasa inggris sebenarnya sama saja dengan yang berbahasa Indonesia. Perbedaanya hanya terletak pada bahasa yang digunakan, dan juga tata bahasanya. Untuk lebih jelas ada kalahnya kamu mengetahui terlebih dahulu bagaimana detail penulisan dari report text

Tipe Penulisan

Sebelum melangkah lebih jauh terkait proses pembuatan dari report text ada kalahnya kamu mengetahui terlebih dahulu tipenya. Proses ini harus diketahui karena ada dua tipe penulisan teks satu itu. Pertama yaitu formal report, dimana laporan satu ini biasanya digunakan oleh para akademisi atau suatu karyawan penting di suatu perusahaan.

Untuk kalangan akademisi bisanya proses pembuatannya diajukan kepada dosen yang bersangkutan. Sedangkan untuk kalangan karyawan, teks satu ini diajukan kepada atasan. Bentuk penulisan dari laporan ini tentu harus resmi dan tidak ada kata-kata candaan di dalamnya.

Sedangkan untuk tipe yang kedua yaitu informal report, dimana laporan satu ini hanya berbentuk laporan biasa. Jadi di dalam laporan ini tidak seformala jenis atau tipe laporan sebelumnya.

Bagian Inti Laporan

Setelah mengetahui tipenya maka di tahap selanjutnya adalah menulis di bagian inti dari laporan tersebut. pada bagian intinya sendiri sebenarnya ada beberapa tahapan dimana dijelaskan laporan ini dari siapa dan untuk siapa.

Pada bagian ini juga kamu harus menjelaskan dengan detail terkait bagaimana hasil eksperimennya. Sehingga, dalam bagian ini harus ada judul, kalimat pembuka dan juga hasil ekperimennya. Karena ini adalah bagian inti maka kamu harus menjelaskan secara rinci mulai dari dimana kamu melakukan eksperimen, dan juga waktu pelaksanaannya.

Semua tugas ini harus dibuat dengan terstruktur dan juga dengan kata-kata yang mudah dipahami. Semua proses ini harus sesuai tahapan dan juga dijelaskan juga kenapa mengambil ekperimen tersebut.

Untuk lebih memperjelas pada laporan ini kamu juga harus membuat laporan ini dalam bentuk grafik, tabel ataupun yang lainnya. Tujuan untuk memudahkan para pembaca laporan tersebut dengan mudah dan jelas. Pada intinya di bagian ini semua terkait eksperimen mulai awal hingga akhir harus dijelaskan secara rinci dan terstruktur.

Kesimpulan

Pada tahapan ini tentu seorang penulis laporan ini juga harus merangkum secara singkat terkait apa saja yang telah ditulisnya. Proses penulisannya ini juga tidak harus sepanjang laporan ini, dan juga menggunakan tata bahasa yang terstruktur. Pada bagian ini kamu jelaskan point pentingnya saja dan juga dijelaskan secara singkat dan juga jelas.

Pada bagian ini kamu juga diharapan meminta saran dari atasan jika itu karyawan untuk laporan yang telah ditulis tersebut. Dengan adanya saran ini berfungsi agar proses pembuatan report text bisa lebih baik dan lebih dalam analisanya.

Itulah berbagai teori dari proses pembuatan report text yang harus kamu ketahui. Mungkin untuk lebih jelasnya kamu bisa melihat contoh report text pada link tersebut. Pada contoh tersebut semua laporannya dijelaskan dalam bahasa inggris. Sehingga, bagi kamu yang ingin tahu bagaimana membuat laporan dalam bahasa inggris bisa melihat contoh di atas.

Related posts