by

Harga Helm Half Face: Tips Membeli Helm yang Tepat dan Nyaman Dipakai

Helm merupakan salah satu perlengkapan yang harus digunakan oleh semua pengendara motor. Selain sebagai bagian dari mengikuti aturan sesuai UU No. 22 Tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan, menggunakan helm juga bagian dari keselamatan diri. Dengan mengenakan helm saat berkendara, jika mengalami benturan atau terjatuh di jalan, kepala bisa lebih terlindungi. Menggunakan helm saat ini menjadi suatu hal yang bisa menunjang gaya. Karena banyak sekali dijual helm dengan berbagai bentuk, warna, dan gambar yang sangat beragam. Harga helm half face hingga full face pun juga banyak yang dijual dengan harga terjangkau.

Dalam memilih helm, bukan hanya masalah style-nya saja yang harus diperhatikan. Namun juga harus memperhatikan hal-hal lain agar helm yang digunakan benar-benar aman dan nyaman. Nah, berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan dalam memilih helm yang tepat sesuai kebutuhan, yaitu:

  • Pilih helm berlabel SNI.

Menggunakan helm menjadi salah hal wajib agar tidak terkena pelanggaran lalu lintas. Namun perlu diperhatikan dalam pemilihan helm harus yang berlabel SNI (Standar Nasional Indonesia). Label ini biasanya berada pada bagian belakang helm, baik berupa stiker maupun emblem.

  • Pilih helm yang sesuai dengan ukuran kepala.

Jangan mudah tergiur dengan harga helm half face maupun full face yang murah saja, namun perhatikan ukuran helm tersebut demi kenyamanan. Sesuaikan ukuran helm yang dibeli dengan ukuran kepala Anda. Jangan sampai kekecilan maupun kebesaran. Helm yang pas dengan ukuran kepala Anda, pastinya juga lebih nyaman dan lebih konsentrasi saat berkendara. Sehingga keselamatan berkendara pun akan lebih terjamin.

  • Sesuaikan helm yang dipilih dengan kebutuhan.

Di pasaran saat ini beredar dua jenis helm yang bisa dipilih sesuai kebutuhan, yaitu helm half face dan helm full face. Helm half face lebih disarankan untuk kebutuhan berkendara jarak dekat saja, misalnya untuk berkendara saat pulang pergi kerja, pergi ke kampus, dlsb.

  • Pilih helm yang memiliki strap.

Cari helm dengan strap atau tali pengikat yang kuat. Karena selain ukuran helm, srtap yang kuat juga turut mempengaruhi tingkat kenyamanan helm. Pilih helm dengan srtap yang tidak terlalu mencekik dan longgar. Untuk helm SNI, kelonggaran biasanya bisa diatur. Helm dengan srtap kuat juga bertujuan agar tidak mudah putus saat digunakan.

  • Pilih helm dengan perlindungan ekstra.

Pada beberapa merk helm ternama, biasanya memiliki perlindungan ekstra di dalamnya. Seperti gembok atau tali pengaman helm yang berguna untuk menjaga keamanan helm saat di tinggal di parkiran.

Untuk Anda yang sedang mencari helm untuk kebutuhan berkendara, bisa mengunjungi Moladin. Di situs ini tersedia berbagai macam model, warna, dan desain helm yang bisa dipilih. Banyak pula penawaran harga helm half face maupun full face yang menarik.

News Feed