Cara Memasak Lobak Putih Agar Tidak Pahit

  • Whatsapp
Lobak Putih

Lobak merupakan salah satu sayur yang bisa dimasak dengan beberapa menu olahan. Mulai dari camilan yang sehat, campuran ramen, dan juga isian lumpia pengganti rebung. Lobak mempunyai banyak jenis yang bisa dipilih tergantung dari kebutuhan. Akan tetapi jenis yang paling umum dipilih adalah lobak putih yang banyak digunakan untuk masakan dari Asia Timur. Bagi yang biasa memasak tentu saja tidak asing apabila lobak putih mempunyai rasa yang pahit. Sehingga pastikan untuk memasaknya dengan tepat agar lobak putih tersebut tidak pahit ketika dikonsumsi. Gunakan cara yang tepat, sehingga bisa menghilangkan rasa pahit lobak putih dan membuat rasa makanan menjadi enak.

Manfaat Lobak Putih

Sebelum mengetahui cara menghilangkan rasa pahit lobak putih, hal lain yang perlu diketahui terlebih dahulu adalah dari manfaat lobak putih. Seperti pada sayuran lainnya, lobak juga mempunyai kandungan yang baik untuk kesehatan. Sehingga apabila dikonsumsi dengan tepat dan secara rutin akan bermanfaat untuk membantu menjaga kesehatan dengan mudah. Dimana beberapa kandungan dan manfaat yang bisa didapatkan dari lobak putih adalah:

  1. Lobak putih kaya serat yang dapat membuat pencernaan lebih lancar. Bahan ini bisa dimanfaatkan untuk salad dan juga cocok sebagai makanan diet. Selain itu karena mempunyai serat tinggi tersebut juga memberikan manfaat untuk memperbaiki tingkat keasaman lambung, mengurangi mual, dan masih banyak lainnya.
  2. Lobak putih dapat melindungi sel darah merah sehingga tidak mengalami kerusakan. Dengan mengonsumsi lobak putih dapat meningkatkan suplay oksigen ke darah sehingga dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan lebih baik.
  3. Lobak putih dapat membantu melindungi jantung sehingga terhindar dari penyakit yang dapat menyerang organ vital tersebut. Hal ini didapatkan dari kandungan vitamin C, asam folat, dan flavonoid dalam lobak putih yang bermanfaat sebagai antioksidan menangkal radikal bebas.
  4. Lobak putih dapat mengontrol tekanan darah berkat kandungan potassium yang ada di dalamnya dengan khasiat untuk mengendalikan aliran darah dan bagus untuk penderita hipertensi.
  5. Lobak dapat meningkatkan imunitas tubuh hingga menghidrasi tubuh.

Cara Menghilangkan Pahit Lobak Putih

Dengan banyak manfaat kesehatan seperti di atas, maka sayuran ini bisa dikonsumsi dengan rutin. Akan tetapi apabila ingin mengonsumsinya juga jangan lupa menghilangkan rasa pahit lobak putih. Apabila rasa pahit tersebut masih ada tentunya akan membuat rasanya menjadi tidak enak untuk dinikmati, sehingga tidak bisa mendapatkan manfaat kesehatan yang bisa diberikannya.

Adapun cara mudah untuk menghilangkan rasa pahit ketika mengolah lobak putih adalah dengan:

  1. Pertama adalah dengan memilih lobak putih keras, permukaannya halus tanpa bintik hitam, dan juga mempunyai ukuran yang pas sesuai kebutuhan. Apabila akan dibuat salad pilih lobak yang ukurannya lebih kecil dibandingkan untuk masakan biasanya.
  2. Sebelum diolah pastikan untuk mencuci lobak setidaknya 2 kali dan gunakan air mengalir tanpa sabun.
  3. Jangan lupa potong daun dan iris sedikit bagian atas lobak.
  4. Kuliti lobak dan potong sesuai selera.
  5. Rendam di dalam garam agar bisa menghilangkan rasa pahit lobak putih.

Ketika akan mengolah lobak tersebut, Anda bisa membelinya dengan mudah di TaniHub. Toko online ini menawarkan harga lobak yang terjangkau dan juga tersedia banyak promo dan diskon yang ditawarkan. Untuk keunggulan lain dari membeli lobak putih di tempat ini adalah dapat melayani area pengiriman luas yaitu di daerah Jawa hingga Bali.

Related posts