Apa itu SSH dan Manfaat Penggunaannya?

  • Whatsapp
Apa itu SSH

Kemajuan teknologi yang semakin berkembang membuat pengguna atau user dapat mengontrol berbagai macam perangkat dari jarak jauh. Salah satunya karena penggunaan koneksi secure shell atau SSH. Namun, apa itu SSH dan seperti apa cara kerjanya? Simak penjelasan selengkapnya berikut ini, yuk. 

Apa itu SSH?

SSH atau Secure Shell  merupakan sebuah protokol administrasi yang membuat user mampu melakukan akses serta memodifikasi berbagai macam pengaturan file di dalam server.

SSH ini sendiri sebenarnya adalah pengembangan dari Telnet yang sebelumnya dianggap kurang aman karena tidak memiliki proses enkripsi.

Namun, SSH ini sangat berbeda dengan Telnet, dimana koneksi yang terjadi dienkripsi menggunakan teknologi canggih.

Sebagai contohnya seperti menggunakan enkripsi simetris, asimetris, dan hashing. Ketiga hal itu adalah teknik kriptografi yang membuat koneksi sudah terjamin dienkripsi. 

Dan hal tersebutlah yang membuat lahirnya sebuah nama Secure Shell Connection (SSH). Singkatnya adalah koneksi Shell yang terbilang sangat aman.

Apabila kamu menggunakan SSH, nantinya akan ada pilihan untuk melakukan autentikasi pengguna remote sebelum koneksi. 

Kemudian, bisa juga mengirimkan berbagai input dari SSH client ke server. SSH client adalah sebuah aplikasi untuk menghubungkan ke SSH server. Bagi yang melakukan koneksi SSH ke alamat IP server, dapat mengubah konfigurasi. 

Kamu pun juga bisa menggunakan SSH di sistem operasi seperti Windows dan Linux.  Jadi, SSH ini mampu memudahkan kamu untuk mengatur dan mengelola server tanpa harus datang ke lokasi. 

Bagi kamu yang ingin menggunakan sistem protokol seperti ini, segera gunakan hosting murah bisa SSH dan railgun dari DomaiNesia. 

Manfaat penggunaan SSH

1. Bisa melakukan kontrol hosting dengan bebas

Penggunaan SSH ini membuat kamu dapat melakukan kontrol hosting dari jarak jauh. Ibarat, kamu seperti memiliki remote control untuk mengendalikan hosting sesuai dengan keinginan.

Lebih menguntungkannya lagi, kamu tidak perlu mendatangi server fisiknya, tetapi hanya dengan penggunaan SSH ini kamu dapat dengan bebas memantau log server, mengunduh atau menghapus instalasi aplikasi, hingga transfer data. 

2. Dapat menghindari serangan dari cyber crime

SSH ini juga menyediakan teknik kriptografi kunci khusus. Nantinya, SSH secara otomatis akan langsung memutus koneksi apabila ada hacker yang berusaha mengambil alih koneksi milikmu. 

Dengan penggunaan SSH ini tentu kamu bisa menghindari berbagai serangan cyber crime seperti manipulasi data, pelacakan ilegal, dan lain-lain. 

3. Memiliki sistem keamanan yang ketat

Pencurian data juga akan lebih sulit dilakukan apabila menggunakan SSH. Alasannya, karena dengan adanya enkripsi data membuat peretas kesulitan mengambil data-data seperti password dan informasi pengguna.

Baca juga: komponen komputer terupdate

Bagaimana cara kerja SSH? 

SSH ini bekerja dengan menggunakan client server, di mana SSH client melakukan koneksi ke SSH server.

Nantinya, SSH client ini akan melakukan proses koneksi dengan menggunakan kunci kriptografi. Tujuannya untuk melakukan verifikasi dan mengidentifikasi SSH server. 

Hal yang membuat SSH aman ini adalah jika kunci yang digunakan SSH client tidak sama dengan SSH server, maka koneksi pun tidak bisa tersambung. Jadi, keduanya dapat tersambung apabila menggunakan kunci yang sama serta melalui proses verifikasi ketat.  

Ketika koneksi sudah berhasil tersambung, akan dienkripsi menggunakan symmetric encryption dan hashing algorithm

Tujuan dari proses enkripsi ini untuk memastikan rahasia dan keutuhan data yang dipertukarkan antara client dengan server agar tetap aman. Cara SSH client mengawali koneksi yaitu memanggil SSH server menggunakan aplikasi.  

Selanjutnya, SSH server akan mengirimkan public key ke SSH client dengan memberikan pasangan kunci, hingga keduanya akan melakukan negosiasi atau verifikasi koneksi dan mulai membuka koneksi yang aman. 

Jika sudah melalui beberapa proses di atas, SSH client pun sudah bisa masuk ke dalam server melakukan pertukaran data yang dienkripsi.

Itulah penjelasan secara lengkap apa itu SSH hingga manfaatnya. Jadi, bagi kamu yang sering berhubungan dengan koneksi client server sangat penting untuk mempelajari SSH ini. Alasannya, karena SSH ini mampu memberikan sistem keamanan yang ketat ketika melakukan pertukaran data dengan menggunakan berbagai macam teknologi enkripsi yang diperolehnya. 

Related posts