Anda Butuh Scanner, Ternyata Ada Beberapa Jenis Scanner yang Dapat Dipilih

  • Whatsapp

Kemajuan teknologi telah memberikan banyak kemudahan dan pilihan perangkat untuk kebutuhan kerja, contohnya scanner. Scanner kini tersedia dalam bentuk dan fungsi yang bermacam-macam sesuai dengan kebutuhan tiap orang. Berikut beberapa jenis scanner yang bisa dipilih:

Merupakan jenis scanner yang menggunakan tabung photomultiplier (PMT) untuk memindai gambar, yang berbeda dari flatbed yang menggunakan perangkat yang digabungkan. Tabung photomultiplier adalah sejenis tabung vakum yang sangat sensitive terhadap cahaya. Ketika memindai menggunakan drum scanner, gambar diletakkan pada tabung gelas. Saat berkas cahaya bergerak melintasi gambar, pantulannya diambil oleh PMT lalu diproses. Drum scanner memiliki resolusi tinggi yang membuat scanner ini cenderung digunakan untuk pemindaian rinci.

Film & Slide Scanner

Foto scanner high-end mungkin akan lebih memuaskan hasilnya untuk memindai film 35 mm berkualitas tinggi, negative atau slide. Juga tersedia scanner slide kecil yang khusus untuk pemindaian massal produk film. Kualitas gambar tidak akan terlalu bagus, tetapi hasil pengerjaannya cepat karena perangkat ini dapat bergerak cukup cepat melalui tumpukan slide.

Scanner Printer Multifungsi

Orang-orang saat ini beralih ke printer multifungsi yang pada dasarnya merupakan sebuah printer, scanner, dan mesin fotocopy yang semuanya dalam satu perangkat. Perangkat ini bagus untuk kebutuhan pemindaian sesekali atau tidak memerlukan resolusi tinggi. Scanner multifungsi biasanya dilengkapi dengan fasilitas faks. Scanner atay printer multifungsi adalah pilihan yang tepat untuk digunakan di kantor dan rumahan. Perangkat lunaknyaakan memungkinkan penggunanaya  untuk memindai foto atau dokumen.

Scanner Produksi

Scanner produksi ini proses kerjanya mirip dengan scanner flatbed, tapi proses kerjanya jauh lebih cepat. Scanner ini memiliki daya tahan yang bagus walaupun harus melakukan pekerjaan volume tinggi. Scanner ini juga punya perangkat feeder untuk memindai banyak dokumen dengan cepat. Scanner produksi ditargetkan untuk perusahaan penerbitan dan bisnis lain yang perlu memindai banyak dokumen setiap hari.

Specialty Scanner

Terdapat beberapa jenis model scanner khusus atau speciality scanner untuk tugas-tugas seperti pemindai kartu nama dan tanda terima. Fungsi-fungsi ini biasanya dapat dilakukan oleh scanner flatbed, dokumen atau bahkan scanner portable, tapi scanner khusus atau scanner kartu dilengkapi dengan perangkat lunak untuk mempermudah pemrosesan dan pengorganisasian pemindaian.

Inilah lima jenis scanner yang bisa anda pilih sesuai kegunaan yang diinginkan.

Related posts